Beragam Macam Transportasi Dari Jasa Ekspor

Berbicara mengenai pengiriman produk atau bahkan barang ke luar negeri, tak lepas dari jenis transportasi dari Jasa Ekspor seperti apa yang biasanya digunakan oleh penyedia layanan jasa ekspor ini. Penasaran?

Jenis Transportasi yang Mendukung Pengiriman Luar Negeri Atau Ekspor

Jasa kirim barang atau ekspor merupakan pihak ketiga yang ikut membantu dalam proses pengiriman produk atau barang miliki customernya, tujuannya supaya pelanggan tidak kerepotan jika menghadapi dan mengurus semuanya sendirian. Lalu bagaimana mengenai transportasi yang mengirim?

  1. Menggunakan Transportasi Darat

Dalam mengirim produk maupun barang ke luar negeri, sebuah bisnis ekspor (pihak ketiga) memerlukan transportasi untuk bisa melakukan pengiriman. Salah satunya menggunakan jenis transportasi darat.

Dengan menggunakan transportasi darat dikenal lebih cepat sampai. Diberitahukan bahwa pengiriman dengan jenis ini mampu melakukan ekspor lewat laut juga. Seperti halnya truk yang bisa membawa barang sampai ke pelabuhan.

  1. Menggunakan Transportasi Laut

Selanjutnya adalah jenis transportasi laut. Berbeda dengan darat, dengan mode pengiriman ini sepenuhnya dilakukan di atas laut. Seperti halnya saat Anda naik kapal lalu membawa semua awak ke tujuan.

Seperti halnya transportasi darat, di laut juga punya spesifikasi sendiri. Sebagai contohnya kapal kargo yang dikenal memiliki lebar, panjang dan kapasitas yang pas untuk mengangkut banyak barang bawaan.

  1. Menggunakan Transportasi Udara

Selanjutnya ialah transportasi jenis udara. Dikenal sebagai pengiriman yang paling mahal, dikarenakan dalam sekali terbang mereka tak mengangkut sedikit barang akan tetapi justru sebaliknya. Seperti contohnya saja dari Indonesia ke Perancis.

Namun, itu semua tentu saja memiliki keunggulan atau kelebihannya masing-masing seperti halnya lebih cepat sampai. Mengingat pesawat terbang sangat cepat dalam penerbangannya, tapi jenis pengiriman ini membutuhkan banyak biaya.

Contoh Transportasi Dilihat dari Jenis-Jenisnya

Dari segala macam jenis transportasi yang bisa dijadikan sebagai proses pengiriman produk atau barang, mereka memiliki contoh masing-masing yang tentunya dapat memudahkan dalam mengirim dan lebih cepat sampai. Apa saja itu?

  1. Contoh Transportasi Jalur Darat

Transportasi darat yang biasanya digunakan dalam jalur darat ialah kereta api, truk dan juga pipa. Truk dikenal dapat mengirim barang dengan cepat apalagi mampu menampung banyak kapasitas secara besar-besaran.

Namun, masih harus diperiksa dulu beratnya agar tak melebihi muatan. Selanjutnya kereta api juga bisa menjadi salah satu pilihan dalam pengiriman barang. Tak lupa pipa, digunakan untuk mengirim minyak mentah atau hasil olahan, gas alam dan juga air bersih.

  1. Contoh Transportasi Jalur Laut

Transportasi laut yang biasa digunakan adalah kapal. Mampu beroperasi di sungai, danau atau bahkan laut. Dalam hal ini spesifikasinya dikenal memiliki bentuk fisik yang panjang dan lebar, tentunya pasti bisa menampung banyak barang.

Salah satunya adalah kapal kargo, bentuknya yang panjang dan juga lebar sangat mampu menampung ratusan barang dan berat hingga ribuan ton yang diangkut dan dibawa ke luar atau dalam negeri.

  1. Contoh Transportasi Jalur Udara

Transportasi terakhir adalah jalur udara. Biasanya menggunakan pesawat untuk dapat mengirimkan barang-barang customer ke dalam atau luar negeri (ekspor). Namun, biayanya dikenal mahal mengingat spesifikasi bentuk fisiknya sangat disesuaikan.

Pesawat yang digunakan memiliki spesifikasi yang cukup bagus dan tentu saja memiliki kapasitas dan ukuran yang dikhususkan, karena ditujukan untuk mengangkut banyak barang-barang hanya dalam sekali terbang.

Demikian penjelasan singkat mengenai transportasi dari Jasa Eksport dan beberapa contohnya dari jalur pengiriman tersebut.

Tags: